KERAPIAN BERBAHASA BERKOLERASI DENGAN KECERMATAN PENALARAN

keterampilan berbahasa perlu diposisikan berbanding sejajar dengan kerapian berbahasa , artinnya kepiawaian berbahasa seseorang harus didukung bahkan ditentukan oleh kerapian/keapikan bahasa yang digunakannya.

mengenai hal ini ada pandangan yang menyebutkan bahwa kerapian berbahasa sangat berkolerasi dengan kecermatan penalaran.

pemakaian bahasa yang rapi dan dilandasi oleh penalaran yang cermat merupakan syarat mutlak dalam keterampilan berbahasa . dua hal ini sekaligus akan sangat membantu kemudahan dan kelancaran dalam berkomunikasih.

dalam kennyataanya menunjukkan perpaduan idial itu masih jauh dari harapan. Hal ini terlihat dari penggunaan bahasa indonesia - baik tulis maupun lisan- dikalangan masyarakat indonesia masih terkesan sembrono. serta mengabaikan prinsip-prinsip dasar bahasa yang baik dan benar.

Bila ditinjau dari segi kerapian bahasa dan kecermatan bernalar mutu pemakaian bahasa indonesia yang dihasilkan itu sering sekali membuat para pakar dan pengamat bahasa berkecil hati.

Facebook Twitter RSS